Spectrum merupakan suatu wahana pendidikan terpadu yang mengkombinasikan pendidikan formal umum dengan terapi individual bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus.

Di Spectrum, kami sangat yakin bahwa setiap anak adalah individu yang unik dengan kelebihan dan kekurangannya, dan tugas kita adalah untuk menggali (PROBING) potensi yang mereka miliki dan menyesuaikan (MATCHING) agar potensi mereka dapat teraktualisasikan secara optimal melalui  latihan-latihan dan pendidikan yang tepat baginya.

Sesuai dengan arti  kata dasar Spectrum, yaitu cahaya yang terurai menjadi beberapa tingkatan warna  seperti pelangi, menunjukkan  bahwa anak–anak didik Spectrum memiliki level, rentang atau tingkatan yang berbeda–beda. Perbedaan ini terlihat dari sisi kecerdasan, emosional dan kepribadian serta keterbatasan fisik maupun mental. Rentang yang berbeda ini menunjukkan banyaknya warna dalam diri mereka seperti warna-warni pelangi. Pelangi datang dengan warna–warni yang berbeda namun memberikan kehangatan  secara emosional  bagi siapa yang melihatnya.  Hal ini dapat dianalogikan dengan anak–anak didik Spectrum yang datang dengan karakteristik yang berbeda, namun dengan usaha dan pendidikan yang layak mereka dapat menujukkan warna mereka sesuai dengan potensi yang mereka miliki.

Pendidikan Spectrum berusaha memberikan fasilitas dan bimbingan dengan kasih sayang terhadap perkembangan siswa satu persatu secara utuh, sehingga ukuran keberhasilan siswa bukanlah keberhasilan yang merata di bidang akademis melainkan keberhasilan sesuai dengan potensi, minat dan kemampuan masing-masing. Selain itu, kemandirian dan life skill merupakan target utama yang diharapkan dicapai siswa dalam dunia pendidikan Spectrum.

Tidak lupa, 80% keberhasilan anak–anak Spectrum tidak terlepas dari tangan orang tua, caregivers dan orang–orang terdekat anak sehingga kerja sama dari pihak keluarga anak sangat dibutuhkan. Kita harus berpegangan tangan, memiliki visi  yang sama, target yang sama dan motivasi  yang kuat bahwa kita mau, ikhlas dan mampu membantu mereka. Dengan keyakinan yang kuat dan izin dari Allah SWT mudah–mudahan kita bisa mengantarkan anak–anak kita menuju masa depan sesuai dengan potensinya. Amiin…

Salam hangat,

Dra. Psi. Tisna Chandra

Direktur Program – Founder