Dalam beberapa tahun terakhir ini, Spectrum mengalami kesulitan dalam membuat program anak-anak tersebut dikarenakan variasi yang meluas, sebagai contoh: dalam satu angkatan, misalnya kelas 5 bisa menggunakan lima jenis variasi Lembar Kerja Siswa (LKS), sehingga menghambat pencapaian target program yang sudah dicanangkan dari awal sekolah ini berdiri.

 

Seperti kita ketahui, Program Mainstream yang selama ini berjalan adalah program pendidikan yang mengacu pada kurikulum Nasional yang dikeluarkan oleh Depdiknas dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa-siswi Spectrum. Program mainstream ini memberikan pilihan pada siswa kelas 6 SD untuk mengikuti Ujian Nasional di kelas 6. Kriteria siswa yang masuk kelas mainstream adalah: siswa yang memiliki kemampuan akademik 60% dari target kurikulum Diknas. Jenjang pendidikan Mainstream ini dimulai dari kelas 4 (SD Mainstream) sampai dengan kelas 9 (SMP Maintream). Namun, pada kenyataannya pada beberapa siswa yang berada di jalur mainstream, mereka tidak mencapai target 60% di sisi lain mereka mempunyai potensi talenta yang sangat potensial untuk dikembangkan.

 

Dari hasil evaluasi tahun ajaran 2010 – 2011 di kelas 6 hanya beberapa anak yang sebenarnya mampu mencapai target 60% dari pelajaran sesuai Diknas, sebagian anak lainnya sangat sulit untuk mencapai target dikarenakan oleh kemampuannya dan minatnya yang sebenarnya lebih terfokus pada bidang lain di luar akademik. Spectrum sering mengalami kendala dengan beberapa harapan orang tua yang menginginkan status anaknya berada di Mainstream padahal kenyataannya, siswa tersebut mendapatkan kemandirian, sosialisasi, namun tidak optimal di bidang akademik dan kurang mendapatkan kesempatan di bidang skill dan produktifitas. Sehingga, sekolah Spectrum harus mulai melakukan penyeleksian siswa dengan target akademik 60% ini di tahun ajaran 2011 – 2012. Tujuannya adalah menyeragamkan kemampuan anak sesuai dengan tingkatan kelasnya dan tidak membuang waktu serta potensi anak jika pada dasarnya anak tidak sesuai untuk berada pada jalur Mainstream.!