Berdasarkan hasil evaluasi dengan pertimbangan yang matang dan berdasarkan data potensi kemampuan siswa, hasil observasi terhadap seluruh siswa sekolah Spectrum, maka tim Program sekolah Spectrum memutuskan membagi program Spectrum ke dalam tiga bagian besar, yaitu:

A.  Sekolah Mainstream, adalah program dimana siswa-siswinya mampu mengikuti akademik 60 % dan mereka berhak mengikuti pendidikan di sekolah-sekolah umum lanjutan lainnya. Siswa-siswi ini biasanya memiliki kendala pada gangguan emosinya, tapi tidak memiliki kendala dari sisi akademik.

B. Sekolah Workshop (program 4 tahun), adalah program yang terfokus pada pengembangan skill dan produktifitas. Mereka adalah siswa-siswi yang sudah lulus SD Mainstream/Talent atau saat ini sedang berada di kelas Mainstream atau Talent. Minimal usia 12 tahun, namun mengalami kesulitan untuk mengikuti target pendidikan di mainstream. Di sisi lain, mereka memiliki kelebihan dalam hal kreatifitas, skill dan produktifitas. Aplikasi pelajaran akademik langsung digunakan pada pengembangan skill dan produktifitasnya. 

C.  Special Care (program 3 tahun), adalah program yang diperuntukkan bagi siswa-siswi yang perilakunya masih perlu ditangani khusus. Tujuan program Special Care:

1. Membuat rutinitas sehari-hari dengan melatih Activities in Daily Living (ADL) yang dapat diaplikasikan di kehidupan luar sekolah.

2. Mengurangi tingkat gangguan emosi, agresifitas agar tenang dengan bantuan supervisi psikiater, psikolog dan perawat.

3. Mencapai target akademik calistung sederhana.

4. Membuat anak rileks dengan melakukan Relaksasi Terapi.

5. Melatih kemampuan Social Skill anak.