Pusat terapi (Treatment Centre) yang menyediakan layanan terapi bagi anak-anak kebutuhan khusus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing anak. Proses asesmen yang dilakukan oleh tim profesional yang terdiri dari psikolog klinis dan psikiater serta tim terapis, akan menentukan jenis terapi, pendidikan maupun treatment lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak.

Program terapi yang dimiliki oleh Treatment Centre adalah:

a.     Behavior Therapy

b.     Occupational Therapy

c.      Physiotherapy

d.      Speech Therapy

e.      Sensory Integration Therapy

f.       Remedial Teaching

g.      Hydro Therapy

h.      Problem Solving Therapy

i.        Supportive Therapy

j.        Medicamentosa Therapy

 

a.      Behaviour Therapy

Merupakan terapi perilaku yang diberikan pada anak yang bertujuan untuk mengubah tingkah laku yang negatif menjadi positif melalui system reward dan punishment. Reward diberikan untuk memperkuat tingkah laku yang positif, sedangkan punisment adalah penundaan dari reward (delay of reward).

 

b.      Occupational Therapy

Bentuk terapi dengan menggunakan aktifitas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fungsional dan kemandirian seseorang yang mengalami gangguan fisik dan mental dalam melakukan aktifitas fungsional di area produktifitas, self care, Activity Daily Living (ADL) dan leisure.

 

c.       Physiotherapy

Salah satu bentuk terapi yang bertujuan untuk memaksimalkan kapasitas fisik dan kemampuan fungsional seseorang dengan metode atau latihan tertentu.

 

d.      Sensory Integration Therapy

Salah satu jenis terapi untuk melatih sensori integrasi dalam bentuk sentuhan, gerakan, keseimbangan tubuh, penciuman, pengecapan, penglihatan dan pendengarandengan menggunakan alat-alat yang memunculkan pengalaman bergerak, seperti scooter, ayunan, papan titian, sikat, dll.

 

e.      Speech Therapy

Salah satu jenis terapi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan bicara. Terapi ini lebih menekankan bagaimana mengeluarkan suara dan membentuk suara menjadi kata yang lebih bermakna.

 

f.        Remedial Teaching Therapy

Salah satu jenis terapi yang bertujuan untuk membantu atau meningkatkan kemampuan akademik anak seperti matematika, menulis dan lain-lain yang bertujuan membantu anak yang mengalami kesulitan dalam belajar dan dengan pelajaran di sekolahnya.

 

g.       Hydro Therapy

Salah satu jenis terapi dimana aktivitas terapi dilakukan dalam air dengan tujuan meningkatkan perilaku, kemampuan belajar, latihan stimulasi sensori dalam suasana yang relaks.

 

h.      Problem Solving Therapy

Salah satu bentuk terapi psikologis untuk membantu mengubah kognitif anak ke arah yang lebih positif sehingga anak dapat memperoleh 'insight' bagi dirinya sendiri; membantu dan melatih anak agar mampu menghadapi masalah, mengambil keputusan.

 

i.        Supportive Therapy

Salah satu bentuk terapi psikologis untuk membantu anak membentuk self concept yang positif tentang dirinya sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan self esteem.

 

j.       Medicamentosa Therapy

Pemberian obat-obatan terhadap anak untuk memperbaiki atau mengontrol tingkah lakunya dan juga untuk meningkatkan fungsi kognitif anak yang sifatnya mensupport treatment lainnya.